by

3 Manfaat Kalkulator BMI

BMI adalah body mass index yang merupakan perbandingan antara berat badan seseorang dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badannya dalam meter yang dipakai untuk menentukan status berat badan seseorang apakah kurang, ideal, atau bahkan berlebihan. Nah jika kalian penasaran manfaat kalkulator bmi, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

  1. Manfaat kalkulator bmi

BMI  dipakai untuk memprediksi status berat badan orang dewasa dalam rangka menilai kondisi kesehatan orang tersebut yang bisa dikaitkan dengan resiko terhadap gangguan kesehatan tertentu. Jika mengetahui BMI maka seseorang itu bisa memperkirakan kadar relatif lemak tubuhnya terhadap berat badan idealnya. Mengetahui BMI seseorang juga bisa membuat seseorang itu menentukan target dalam menambah atau mengurangi berat badan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Kalkulator BMI dipakai untuk memprediksi status berat badan orang dewasa untuk menilai kondisi kesehatan orang itu yang bisa dikaitkan dengan resiko terhadap gangguan kesehatan tertentu. Kalau  mengetahui BMI maka seseorang itu bisa memperkirakan kadar relatif lemak tubuhnya terhadap berat badan idealnya. Sebaiknya jangan hanya terpaku pada angka di timbangan berat kamu. Sebaiknya kamu perhatikan juga massa otot dan lingkar pinggang untuk dapat memberikan rangkuman yang lebih komprehensif tentang kesehatan general tubuh kamu sesungguhnya. Tubuh setiap orang berbeda, maka dari itu BMI tidaklah sempurna untuk perhitungan universal.

  1. Cara menghitung BMI

Cara menghitung IMT yang tepat, dapat dilihat menggunakan rumus di bawah ini:

IMT = Berat badan (dalam kg) : Tinggi badan (dalam m)²

Interpretasi status berat badan berdasarkan angka BMI adalah sebagai berikut.

– BMI kurang dari 18,5 artinya berat badan kurang

– BMI antara 18,5 sampai 24,9 artinya berat badan normal atau ideal

– BMI antara 25,0 sampai 29,9 artinya kelebihan berat badan

– BMI 30,0 atau lebih artinya kegemukan atau obesitas

Jika seseorang yang terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa mempunyai resiko lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan tertentu daripada dengan orang dengan berat badan normal. Tapi jika seseorang yang kurang berat badannya atau terlalu kurus disarankan untuk menaikkan berat badannya sampai kisaran berat badan ideal.

Hasil pengukuran IMT orang Indonesia, berbeda dari orang yang berasal dari benua Eropa ataupun Amerika. Berikut ini acuan IMT dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

  • Untuk perempuan

Rentang nilai indeks massa tubuh untuk perempuan dewasa adalah sebagai berikut:

Kurus: < 17 kg/m²

Normal: 17 – 23 kg/m²

Kegemukan: 23 – 27 kg/m²

Obesitas: > 27 kg/m²

  • Untuk laki-laki

Rentang nilai indeks massa tubuh untuk laki-laki dewasa adalah sebagai berikut:

Kurus: < 18 kg/m²

Normal: 18 – 25 kg/m²

Kegemukan: 25 – 27 kg/m²

Obesitas: > 27 kg/m²

  1. Agar tubuh ideal

Perhatikan asupan makanan kamu agar tubuh tetap ideal. Makanan olahan tidak baik untuk tubuh kamu. Makanan olahan penuh dengan toksin dan zat-zat yang bahkan tidak dikenal tubuh. Ketika kamu bisa membaca label makanan, kamu akan mulai melihatnya kalau makanan tersebut kurang baik. Cari makanan utuh dan pilih label yang tidak memuat banyak suku kata sulit.

Pastikan kamu makan dengan benar. Diet sehat dan seimbang membantu mengendalikan kalori yang masuk dan memaksimalkan masukan vitamin dan mineral. Ketika tubuh memiliki gizi penting yang diperlukan, tingkat energi akan tetap tinggi dan perasaan kamu akan baik. Semua faktor ini berkontribusi dalam motivasi mempertahankan diet sehat, yang pada gilirannya akan memudahkan pengelolaan berat badan.

News Feed