by

Apa itu Purified Water?

Tubuh memerlukan air atau cairan yang berguna untuk memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah atau pencernaan, serta mempertahankan suhu tubuh. Berbagai jenis air minum beredar di Indonesia. Salah satunya adalah Purified Water.

Purified water (air purifikasi) atau air yang dimurnikan adalah air yang telah disaring atau diproses untuk menghilangkan kotoran seperti bahan kimia dan zat pencemar lainnya. Biasanya diproduksi menggunakan air tanah atau air keran. Melalui proses pemurnian, banyak jenis kontaminan yang dibuang seperti bakteri, jamur, parasit, ganggang, logam (tembaga, timah), dan polutan kimia. Air yang dimurnikan dibuat melalui beberapa proses, antara lain:

  1. Koagulasi dan flokulasi: Bahan kimia bermuatan positif ditambahkan ke air untuk mengikat partikel bermuatan negatif sehingga mereka dapat disaring. Ini membentuk partikel yang lebih besar yang disebut floc.
  2. Sedimentasi: Pemisahan floc yang mengendap di bagian bawah dari air bersih.
  3. Penyaringan: Air bersih kemudian mengalir melalui banyak sistem penyaringan yang terbuat dari pasir, arang dan kerikil. Ini menghilangkan kontaminan seperti debu, bakteri, bahan kimia dan virus.
  4. Desinfeksi: Selama langkah ini, desinfektan kimia seperti klorin ditambahkan ke dalam air untuk membunuh bakteri atau virus yang tersisa, yang mungkin telah selamat dari beberapa langkah pertama.

Selain itu, air yang dimurnikan melalui proses penyaringan dengan beberapa pilihan metode, yaitu:

  • Distilasi
    Air suling diproduksi dengan proses distilasi . Distilasi melibatkan merebus air dan kemudian mengembunkan uap ke dalam wadah bersih, meninggalkan kontaminan padat. Distilasi menghasilkan air yang sangat murni. Sisik mineral putih atau kekuningan tertinggal di peralatan distilasi, yang memerlukan pembersihan rutin. Air suling, seperti semua air yang dimurnikan, harus disimpan dalam wadah yang disterilkan untuk menjamin tidak adanya bakteri. Untuk banyak prosedur, alternatif yang lebih ekonomis tersedia, seperti air deionisasi, dan digunakan sebagai pengganti air suling.
  • Deionisasi
    Air deionisasi (air DI , DIW atau air deionisasi ), sering kali identik dengan air demineralisasi / air DM , adalah air yang hampir semua ion mineralnya telah dihilangkan, seperti kation seperti natrium , kalsium , besi , dan tembaga , dan anion seperti klorida dan sulfat . Deionisasi adalah proses kimia yang menggunakan resin penukar ion yang diproduksi secara khusus, yang menukar ion hidrogen dan hidroksida dengan mineral terlarut, dan kemudian bergabung kembali untuk membentuk air. Karena sebagian besar pengotor air non-partikulat adalah garam terlarut, deionisasi menghasilkan air yang sangat murni yang umumnya mirip dengan air suling, dengan keuntungan bahwa prosesnya lebih cepat dan tidak menimbulkan kerak. Namun, deionisasi tidak secara signifikan menghilangkan molekul organik, virus, atau bakteri yang tidak bermuatan, kecuali dengan terperangkap secara kebetulan di dalam resin. Resin anion basa kuat yang dibuat khusus dapat menghilangkan bakteri Gram-negatif . Deionisasi dapat dilakukan secara kontinyu dan murah menggunakan elektrodeionisasi.
  • Demineralisasi
    Demineralisasi seringkali merupakan istilah yang digunakan secara bergantian dengan deionisasi. Demineralisasi pada dasarnya adalah menghilangkan semua mineral yang dapat ditemukan di air alami. Proses ini biasanya dilakukan ketika air akan digunakan untuk proses kimiawi dan mineral yang ada dapat mengganggu bahan kimia lainnya. Semua produk kimia dan kecantikan harus dibuat dengan air demineralisasi karena alasan ini. Dengan proses demineralisasi, air “dilunakkan” menggantikan mineral yang tidak diinginkan dengan garam yang berbeda. Air yang mengalami demineralisasi memiliki konduktivitas lebih tinggi daripada air deionisasi.

Air yang dimurnikan memiliki banyak kegunaan, sebagian besar untuk produksi obat-obatan, di laboratorium dan industri sains dan teknik, dan diproduksi dalam berbagai kemurnian. Ini juga digunakan dalam industri minuman komersial sebagai bahan utama dari formula pembotolan bermerek dagang tertentu, untuk menjaga konsistensi produk. Ini dapat diproduksi di situs untuk digunakan segera atau dibeli dalam wadah. Air yang dimurnikan dalam bahasa Inggris sehari-hari juga dapat merujuk pada air yang telah diolah (“diberikan untuk diminum”) untuk dinetralkan, tetapi tidak serta merta menghilangkan kontaminan yang dianggap berbahaya bagi manusia atau hewan.

Air yang dimurnikan biasanya diproduksi dengan pemurnian air minum atau air tanah . Kotoran yang mungkin perlu dihilangkan adalah:

  • ion anorganik (biasanya dipantau sebagai konduktivitas listrik atau resistivitas atau tes khusus)
  • senyawa organik (biasanya dipantau sebagai TOC atau dengan tes khusus)
  • bakteri (dipantau oleh jumlah total yang layak atau epifluoresensi )
  • endotoksin dan nuklease (dipantau oleh LAL atau tes enzim spesifik)
  • partikulat (biasanya dikontrol oleh filtrasi)
  • gas (biasanya dikelola dengan degassing bila diperlukan)

Daripada kita bingung dalam memilih jenis air minum sehat yang akan kita konsumsi, lebih baik memilih air minum yang sudah dipercayakan sejak lama. Seperti AQUA sudah menemani kebutuhan air kita selama lebih dari 45 tahun.

AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan di Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dari sana, proses penyaringan alami dari batu-batuan vulkanis terjadi. Itulah yang memungkinkan keberadaan kandungan mineral di dalam air AQUA. Untuk memastikan kemurnian, proses produksi pun dilakukan dengan standard higienis yang tinggi, memastikan tidak ada campur tangan manusia dalam prosesnya.

Di dalam air AQUA memang terdapat sejumlah mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti natrium, kalium, klorida, kalsium, dan magnesium. Dalam menentukan sumber air, AQUA melakukan analisis minimal satu tahun untuk memilih sumber air yang dapat diolah menjadi air minum yang aman, bersih, tidak berasa, dan tidak berbau. Itu belum cukup. AQUA masih melakukan 400 kali lebih pemeriksaan kualitas berikutnya supaya memastikan air tetap berkualitas. Dengan demikian, keamanan air AQUA pasti terjamin.(3)

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/beda-jenis-air-minum/#gref
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Purified_water
  3. https://www.sehataqua.co.id/cara-memilih-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari/

News Feed