by

Kenali Gejala Kenapa Punggung Terasa Sangat Nyeri

Apakah kamu sedang bingung kenapa punggung terasa nyeri dan apa penyebab sakit punggung datang secara tiba-tiba? Masalah rasa nyeri di punggung ini sering dianggap hal biasa yang bisa dialami siapa saja, akan tetapi hal ini juga bisa jadi sebagai pertanda yang kurang baik untuk tubuh. Bagi kamu yang usianya mungkin sudah tidak lagi muda, rasa nyeri punggung ini sama halnya seperti gejala harian yang mudah menyerang.

Mengenali Berbagai Penyebab Sakit Punggung

1.  Lelah dan Stress

Jika pikiran kamu sedang stres, maka otot pada leher belakang dan pundak jadi menegang sampai menyebabkan rasa sakit. Jika kamu membiarkan keadaan ini ditambah lagi dengan kondisi tubuh yang sangat lelah saat beraktivitas, pastinya rasa nyeri tersebut akan dengan cepat menjalar ke bagian punggung kamu. Agar rasa nyeri ini tidak mengganggu berlama-lama, kamu bisa mencoba meditasi atau yoga karena dengan begitu olahraga itu dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

2.  Posisi Duduk yang Tidak Pas

Mungkin untuk kamu yang bekerja, dan sedang banyaknya kerjaan di kantor sehingga memaksa kamu untuk duduk pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. Bayangkan saja jika posisi duduk kamu tidak ditopang kursi serta posisi laptop yang sangat rendah, maka otot tubuh akan bekerja lebih keras. Sehingga posisi ini dapat menimbulkan tekanan yang berlebihan pada tulang, serta sendi pada bagian punggung dan juga pinggang, sehingga dapat menyebabkan nyeri di punggung.

3.  Pemilihan Tempat Tidur yang Kurang Pas

Biasanya kita tidur selama 6-8 jam dalam semalam, itu artinya hampir seperempat hari kita habiskan di tempat tidur. Kamu bisa bayangkan jika matras ataupun bantal yang kamu miliki tidak sanggup menopang tubuhmu dengan benar, maka bisa terjadi nyeri di punggung.

4.  Ketidakseimbangan Otot Tubuh

Tahukah kamu bahwa kinerja otot-otot yang terdapat di dalam tubuh kita itu saling berhubungan? Contohnya saja otot paha dengan otot punggung, tapi jika salah satunya mengalami gangguan, maka kinerja yang lainnya akan terganggu juga. Maka dari itu, keseimbangan kerja otot dari satu titik dengan titik yang lainnya itu harus kita jaga.

5.  Gejala Radang Sendi

Hal ini sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas, rasa sakit di punggung yang datang umumnya disebabkan dari gangguan pada sendi. Oleh karena itu kita perlu mewaspadai jika terjadi terus-menerus, karena inj bisa jadi gejala radang sendi. Kamu juga tidak boleh tinggal diam, karena tidak ada salahnya kamu segera melakukan deteksi dini dengan cara memperhatikan rasa sakit yang muncul. Mungkin gejala radang sendi yang biasa kamu rasakan adanya rasa sakit yang cenderung menjadi lebih baik di siang hari, namun jika di malam hari sakit menjadi lebih parah.

6.  Mengidap Penyakit Serius

Mungkin kamu juga memiliki masalah pada pankreas, ginjal, ataupun penyakit kanker juga dapat menimbulkan rasa nyeri berlebih pada punggung. Jika rasa nyeri ini terus-menerus kamu rasakan, hingga setelah melakukan perbaikan gaya hidup jadi lebih sehat, mungkin kamu harus segera periksakan diri ke dokter.

Mungkin Itulah tadi hal-hal yang biasa menjadi penyebab dari sakit punggung. Mungkin beberapa di antaranya bisa diatasi dengan mudah. Meskipun penyakit ini sering terlihat sepele, akan tetapi ternyata rasa nyeri di punggung yang kamu rasakan juga dapat menurunkan kualitas hidup dan juga dapat mengganggu aktivitas kamu secara normal untuk sehari-hari karena tidak bisa bergerak secara aktif seperti mula.

News Feed