by

Makanan-makanan yang dapat Membantu Mengecilkan Perut

Perut yang buncit terkadang membuat kita merasa minder dan tidak percaya diri dalam berpakaian,sehingga kita cenderung menutupinya dengan pakaian yang kita sedikit kebesaran.  Perut buncit tak hanya merusak penampilan, tapi juga bagi kesehatan tubuh. Terlebih menurut Mayo Clinic perut buncit sering sekali dikaitkan dengan risiko kematian mendadak akibat penyakit kardiovaskular, sindrom metabolik, dan juga peradangan. Untuk itu, sebisa mungkin kita melakukan berbagai upaya untuk mengecilkan perut buncit ini.

Salah satu yang menjadi kunci penting dalam mengecilkan perut buncit adalah mengatur pola makan. [1] Dalam memilih makanan apa saja yang akan kita konsumsi untuk mengecilkan perut haruslah yang sehat, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu kita untuk mengecilkan perut:

  1. Timun

Timun sangat segar jika dimakan dan mengandung 96% air. Selain mencegah dehidrasi, kandungan air bisa membuat perut mudah kenyang. Itu artinya, kita bisa makan lebih sedikit. Terlebih, timun juga kaya akan vitamin C, vitamin K, asam folat, dan antioksidan flavonoid yang tentunya menyehatkan tubuh. Buah ini sangat mudah dinikmati, baik itu dimakan makan langsung, dibuat salad, diacar, atau dijus.

  1. Kacang-kacangan dan gandum

Salah satu cara untuk menghilangkan lemak perut adalah meningkatkan asupan makanan yang mengandung serat larut. Contohnya gandum, berbagai jenis kacang, dan buah beri. Jessica Crkital, seorang ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan pada Reader’s Digest bahwa serat larut dapat mengendalikan gula darah lebih baik daripada karbohidrat. Untuk itu, pastikan setiap hari kita mendapatkan 25-35 gram serat larut per hari.

  1. Pisang

Pisang adalah camilan aman untuk kita yang sedang berjuang mengecilkan perut. Buah ini mengandung karbohidrat sehat yang dicerna tubuh secara perlahan sehingga membuat kita kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium. Mengonsumsi makanan asin, misalnya. Jenis makanan ini dapat menahan air sehingga membuat tubuh kita lebih berat. Untuk itu, kita perlu kalium untuk menyingkirkan ekstra air tersebut dan mengatur kadar natrium kembali normal.

  1. Pepaya

Meski baunya kadang tidak disukai, buah ini rasanya cukup memanjakan lidah kita. Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang sehat untuk tubuh kita. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat dan mengandung enzim proteolitik yang mencegah perut kembung, peradangan, dan masalah pencernaan. kita bisa menikmati buah ini secara langsung, dibuat salada, atau dipanggang dengan dilumuri minyak zaitun. [2]

  1. Seledri

Seledri menjadi salah satu bahan makanan berikutnya yang mampu membantu mengecilkan perut. Sayuran hijau yang belakangan sempat menjadi primadona karena beragam khasiatnya ini rasanya wajib untuk masuk ke dalam menu diet kita. Seledri mengandung kalsium dan vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu membantu menurunkan berat badan, termasuk mengurangi penumpukan lemak di perut. Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan seledri ke dalam jus yang biasa kita konsumsi agar manfaat seledri dapat diperoleh.

  1. Semangka

Kita berprasangka bahwa makanan untuk mengecilkan perut buncit cenderung tidak enak?  tunggu dulu. Ada buah semangka yang bisa menjadi pilihan untuk mengecilkan perut yang buncit. Semangka mengandung 91 persen air dan konsumsi semangka selama menjalani program diet, mampu membantu mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebih. Hal ini karena kandungan air yang tinggi pada semangka memberikan efek kenyang lebih lama.[3]

  1. Sayur-Sayuran Hijau

Perut buncit tidak hanya disebabkan karena penumpukan lemak saja, tetapi juga karena kandungan gas yang tinggi di dalam tubuh. Untuk menghilangkan gas tersebut, konsumsilah sayur-sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Sayur-sayuran hijau memiliki kadar kalium yang sangat tinggi, sehingga kandungan gas dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan cepat. Masukkan brokoli atau bayam ke dalam menu diet sehat setiap hari demi mendapatkan perut rata.

  1. Buah Berry

Belum banyak orang yang mengetahui khasiat dari buah berry, jadi mereka tidak sering  mengkonsumsi buah lezat yang satu ini. Padahal buah berry kaya akan vitamin C, protein, fosfor, karbohidrat, antioksidan, dan antibakteri yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi 35 gram buah berry setiap hari akan membantumu untuk mengurangi jumlah asupan kalori setiap harinya. Sulap buah berry menjadi secangkir smoothie yang lezat sebagai camilan sehat di sore hari. Campurkan sedikit yogurt ke atasnya supaya cita rasanya menjadi lebih nikmat. [4]

Makanan-makanan diatas memang dapat membantu kita untuk mengecilkan perut kita yang buncit, mulai dari berbagai jenis kandungan hingga manfaat yang terkandung pada makanan tersebut. Ditambah, apabila kita juga rutin mengkonsumsi air putih yang higienis dan mengandung banyak kandungan mineralnya, akan membantu kita untuk mengecilkan perut yang buncit.

Maka dari itu pilihlah air minum yang berkualitas seperti AQUA yang diketahui sangat jelas dari mana asal air yang dipastikan kualitasnya. Jika sumber airnya tidak jelas, tentu kandungan mineralnya patut untuk dipertanyakan. AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan di Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dari sana, proses penyaringan alami dari batu-batuan vulkanis terjadi. Itulah yang memungkinkan keberadaan kandungan mineral di dalam air AQUA.

Untuk memastikan kemurnian, proses produksi pun dilakukan dengan standard higienis yang tinggi, memastikan tidak ada campur tangan manusia dalam prosesnya. Di dalam air AQUA memang terdapat sejumlah mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti natrium, kalium, flouride, kalsium, dan magnesium. Dalam menentukan sumber air, AQUA melakukan analisis minimal satu tahun untuk memilih sumber air yang dapat diolah menjadi air minum yang aman, bersih, tidak berasa, dan tidak berbau.

Itu belum cukup. AQUA masih melakukan 400 kali lebih pemeriksaan kualitas berikutnya supaya memastikan air tetap berkualitas. Dengan demikian, keamanan air AQUA pasti terjamin. Kalau sudah tahu sumber airnya, dalam menentukan air minum terbaik untuk dikonsumsi, lihat pula cara mengambil air. Ini penting karena kualitas air bisa menurun jika diambil dengan cara yang sembarangan. Dalam hal ini, AQUA memberi jaminan. Proses pengambilan air dilakukan dengan cermat. AQUA memilih mengalirkan langsung dari sumber air ke pabrik pengolahan supaya meminimalkan risiko terkontaminasi. Untuk melakukannya, air dialirkan lewat pipa stainless steel yang tahan karat. Dengan demikian, kemurnian dan kebaikan air tetap terjaga sampai ke tempat pengolahan. Cermati pula proses pengolahan dan pengemasan air mineral. Sekali lagi, agar bisa mendapat air mineral yang bagus untuk dikonsumsi, prosesnya harus steril dan bebas dari polutan. Langkah yang dilakukan AQUA bisa menjadi acuan. Sebelum air dikemas, proses penyaringan dan pembersihan dari kontaminasi mikrobiologi dilakukan. AQUA melakukan ratusan pemeriksaan untuk memastikan kebaikan alami dan kandungan asli air tersimpan di dalam kemasan. [5]

  1. https://health.grid.id/read/352035059/aneka-makanan-sehat-nan-dahsyat-ini-bisa-bantu-kecilkan-perut-buncit?page=all
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/berat-badan-ideal/makanan-yang-bisa-mengecilkan-perut/#gref
  3. https://www.popmama.com/life/health/rachma-novianty/makanan-ampuh-untuk-mengecilkan-perut-dengan-cepat/5
  4. https://www.cermati.com/artikel/konsumsi-8-makanan-ini-agar-perut-buncit-kamu-cepat-rata
  5. https://www.sehataqua.co.id/cara-memilih-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari/

News Feed