Berbeda dengan wanita, pria biasanya tidak terlalu suka memperhatikan secara detail pakaian dan gaya berbusana yang mereka gunakan. Oleh karena itu banyak pria yang lebih senang style simple tapi keren untuk mereka gunakan sehari-hari. Kategori berbusana simple yang paling sering dijumpai setiap harian adalah gaya casual.

Dibandingkan dengan gaya formal, gaya pakaian casual pria tentu memiliki beberapa keuntungan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cenderung tidak membuat gerah

Hal utama yang membuat kita senang dengan gaya casual adalah tidak gerah, mayoritas gaya berpakaian casual adalah dengan menggunakan kaos atau polo shirt lengan pendek, hal ini berguna sekali bagi kita yang mudah berkeringat.

  1. Tidak terikat aturan baku

Pernah dengar aturan seperti warna ikat pinggang yang tidak boleh digunakan atau jumlah kancing yang dikancing di jas. Kebanyakan aturan baku tersebut berlaku untuk gaya berpakaian formal, kebanyakan pria lebih memilih gaya casual.

  1. Lebih hemat

Kalua gaya berpakaian formal ada jas yang wajib dikenakan dan harganya cukup mahal sedangkan gaya casual hanya dengan kaos dan kemeja saja.

Berikut ini adalah panduan berpakain casual pria yang keren :

  • Graphic T-shirt

Trending  dikalangan pria saat ini adalah graphic T-shirt, kaos denga logo ditengah-tengah ini mampu menggambarkan personality dari pemakainya dengan baik. Dengan demikian secara tidak langsung menjadi alat untuk mengekspresikan diri kita ke publik.

  • Minimalist

Gaya minimalist mempunyai ciri khas yang kelihatan sangat jelas dari polos dan sederhanya pakaian yang kita kenakan, kaos polos celana chino atau jeans dan sneaker warna yang polos membuat kita tampil simple dan minimalist. Gaya ini merupaka gaya yang umum digunakan pria di Indonesia.

  • Sporty

Dalam gaya sporty biasanya atasan yang digunakan adalah kaos lengan pendek, kaos tanpa lengan, atau jaket olahraga celana yang digunakan biasanya celana tiga perempat.

  • Cargo

Focus gaya ini adalah celana yang kita gunakan, yaitu jenis celana cargo, celana ini memberikan kesan petualang, selain itu juga banyak kantong pada celana yang memungkin kan kita membawa bayak barang, gunakan tas selempang supaya gaya kita terlihat keren, atasan yang kita kenakan sebaiknya tidak memiliki motif yang terlalu kompleks agar kesan petualang kita terlihat kuat.

  • Jogger

Jenis celana ini sedang naik daun dikalangan pria sebagai pengganti celana jeans. Celana joger memberikan kesan santai dan rileks pada penampilan kita., sehingga nyaris tidak terlihat dari luar, gunakan warna atasan yang kontras dengan warna celana agar kesannya semakin kuat.

  • Sandals

Sandal yang dimaksud tentunya bukan sandal jepit, tapi sandal berwarna coklat dan hitam pria dengan bahan kulit atau buatan merupakan sandal yang umum dipakai untuk bergaya casual.

  • Polo monochrome

Perpaduan warna hitam dan putih memang selalu memberikan kesan keren dan  milenial, gunakan celana jeans berwarna gelap agar kesan monochrome kita semakia kuat.

  • Kemeja flannel

Dalam gaya smart casual, kemeja flannel lengan Panjang biasanya digunakan sebagai outerwear, sedangkan yang lengan pendek bias diapakai sendiri tanpa tambahan atasan. Style kemeja flannel pria yang umum digunakan (baik lengan pendek maupun lengan Panjang) adalah di padukan dengan celana jeans gelap dan celana kulit, bahan flannel tidak membuat gerah.gunakan celana selutut dan kemeja flannel lengan pendek supaya terlihat lebih santai.