Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah yaitu melakukan social distancing dengan karantina diri sendiri di rumah untuk memutus rantai penyebaran corona maka dari perlu mempersiapkan beberapa hal. Untuk mempersiapkan karantina di rumah maka cek kotak P3K yang dibutuhkan untuk menangani beberapa kecelakaan sederhana dan persediaan obat sederhana, thermometer dan obat demam harus disediakan dan pastikan jangan mengambil obat yang tidak sesuai dengan resep dokter. Selama di rumah maka bicarakan dan diskusikan dengan tanggung jawab masing-masing seperti siapa yang akan menyediakan makanan, siapa yang akan mengantarkan makanan dan bagaimana kedekatan antar ruang selama melakukan isolasi.

Untuk karantina selanjutnya maka sediakan makanan yang diperlukan selama 2 minggu, persediaan makanan ini harusnya tidak mudah rusak, stok makanan yang perlu dibutuhkan adalah susu UHT, makanan kering hingga tisu antibakteria dan juga sarung tangan lateks. Walaupun tinggal di rumah dan menggunakan barang bersama-sama sebaiknya menghentikan penggunaan barang bersama, jika harus berbagi sebaiknya mencucinya menggunakan sabun dan air mengalir. Dapat juga menggunakan masker untuk menurunkan resiko penyebaran, sebaiknya tempatkan masker untuk menutupi bagian mulut dan hidung dan masker hanya untuk sekali pakai. Supaya tubuh tetap sehat selama karantina maka sebaiknya pastikan asupan gizi yang masuk dalam tubuh terjaga, vitamin C adalah salah satu asupan yang dibutuhkan untuk memastikan daya tahan tubuh tetap dalam keadaan baik.

Ditengah wabah corona banyak sekali kepanikan dan kecemasan yang terjadi, kepanikan ini terjadi dari berbagai berita yang banyak dicari tahu terlebih dahulu. Selama karantina kesehatan mental harus tetap dijaga, oleh karena itu pastikan pikiran tetap positif, jika ingin mencari tahu info Covid-19 maka dapat mengunjungi situs resmi dari Kementerian Kesehatan Indonesia atau Organisasi Kesehatan Dunia, jika perlu sebaiknya jangan terlalu mencari info. 2 minggu bukanlah hal yang singkat bahkan pemerintah telah menambah waktu untuk social distancing, kebosanan akan terjadi maka dari itu untuk mengisi waktu yang bosan sebaiknya mencari kegiatan produktif selama melakukan work from home.

Untuk mengisi waktu kosong setelah work from home maka tidak ada salahnya untuk membersihkan perabotan rumah yang biasanya sering digunakan. Kebersihan menjadi bagian yang penting oleh karena itu bersihkan setiap sudut ruangan dan bersihkan berbagai tumpukan barang yang tidak dibutuhkan. Dapat juga menghabiskan waktu untuk menonton bersama, terutama jika memiliki banyak series dan judul film yang selama ini banyak terlewatkan.

Selama di rumah, maka lakukan perawatan diri karena untuk keluar rumah tidak diperkenankan saat ini dan banyak tempat perawatan yang telah tutup. Perawatan diri baik untuk membuat kulit tetap sehat dan kencang sehingga terhindar dari berbagai stres. Selama di rumah maka dapat melakukan olahraga untuk membantu tubuh tetap bugar, sehat dan imunitas lebih baik, olahraga ringan yang dapat dilakukan dengan sit up, push up hingga lari ditempat yang dilakukan selama berada dalam rumah.

Jika sudah melakukan selama ini, maka memasak beberapa menu resep unik sangat baik mengisi karantina selama di rumah. Tidak ada salahnya, untuk mengisi waktu selama membaca buku selain membaca berbagai info corona terutama saat ini banyak toko buku secara online. Dengan karantina di rumah maka tubuh tidak perlu begadang, tidak perlu kelelahan dan terpapar banyak masalah kesehatan dan berada di rumah membuat tubuh akan berada dalam waktu istirahat yang cukup.